Batik Trusmi: Ragam Budaya yang Tak Lekang oleh Masa



Showroom BT Batik Trusmi (doc: http://btbatiktrusmi.com/)
Di antara beragam kekayaan budaya bangsa, Batik Indonesia merupakan salah satu budaya yang sekaligus menjadi identitas bangsa Indonesia. Tak dapat dipungkiri lagi keberadaan Batik Indonesia ini mampu membuat budaya bangsa Indonesia semakin mendunia. United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pun pada 2 Oktober 2009 menetapkan  Batik Indonesia  sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity), momentum ini sekaligus diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Berbagai daerah di Indonesia mempunyai beragam motif dan corak batik yang memikat serta sarat akan nilai budaya. Hal ini dikarenakan motif dan corak masing-masing batik biasanya berkaitan dengan latar belakang kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat. Selain itu, teknik pengerjaan masing-masing motif batik pun tidak dapat dipandang sepele. Rangkaian tahap pengerjaan batik yang dimulai dari tahapan memotong kain sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan hingga proses akhir  pe, yaitu proses pengeringan kain batik yang telah dicuci dengan cara dijemur.

Seragam Batik (doc: pribadi)
Proses pengerjaan batik yang sangat panjang tersebut berlaku untuk batik tulis, sangat masuk akal jika harga sepotong kain batik tulis bisa bernilai sangat tinggi, bahkan bisa mencapai angka puluhan juta Rupiah. Tak heran jika di zaman dahulu batik tulis tidak diproduksi secara masal. Batik tulis biasanya hanya dipesan secara terbatas untuk anggota keluarga dan kerabat Keraton atau kalangan tertentu saja. Berbeda dengan saat ini, Batik Indonesia telah berkembang begitu pesat. Jika dulu pengenaan batik identik dengan acara-acara formal saja, kini hal itu tidak berlaku lagi. Batik dapat dikenakan untuk beragam aktivitas harian. Harga Batik Indonesia pun begitu beragam dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.


Rok batik lucu juga ya! (doc: pribadi)
Bahan serta teknik pengerjaan yang beragam menjadikan harga batik kian terjangkau. Jika dulu yang sering kita temui adalah jenis batik tulis dengan proses panjangnya yang dimulai dari tahap potong, ngetel, nglengreng, isen-isen, nembok, ngobat, nglorod, ngumbah, dan diakhiri dengan pe. Pada saat ini, di pasaran banyak kita temui jenis batik yang lain, batik cap misalnya. Proses pengerjaan batik cap yang lebih sederhana yakni dengan menggantikan teknik nglengreng dengan meletakkan dan menekan alat cap pada bidang kain yang sebelumnya telah dimasukkan ke dalam cairan malam. Karena tahap pengerjaan yang lebih sederhana, efektivitas waktu dapat terpenuhi dan hasil produksi lebih banyak serta cepat dipasarkan kepada konsumen.

Showroom BT Batik Trusmi (doc: Instagram @btbatiktrusmi)
Di antara banyaknya sentra kerajinan batik di Indonesia yang menawarkan berbagai motif dan jenis batik salah satunya terdapat di Kabupaten Cirebon. Motif Batik Cirebon yang khas dan bervariasi, misalnya motif Pakisnaga Liman, Patran Keris, Megamendung, dan sebagainya banyak menarik minat wisatawan dan pecinta batik. Hal ini tentu saja menjadikan perkembangan batik lebih baik serta menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Cirebon. Menjadi ikon penting di sektor pariwisata khususnya wisata belanja kerajinan batik membuat Cirebon marak dengan hadirnya showroom batik, satu di antaranya adalah BT Batik Trusmi.




BT Batik Trusmi yang berpusat di Cirebon turut serta dalam melestarikan kasanah budaya bangsa dengan mengajak pengrajin batik tradisional untuk maju bersama meningkatkan perekonomian daerah pada umumnya dan masyarakat sekitar pada khususnya melalui produk kerajinan batik yang dijual di showroom BT Batik Trusmi–showroom batik terbesar dan terluas di Indonesia. Selain itu, BT Batik Trusmi mempunyai misi utama cultural business mission yang tidak hanya berorientasi pada profit saja akan tetapi juga untuk melestarikan seni batik. Ragam motif dan jenis batik yang tersedia di BT Batik Trusmi pun bervariasi serta dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan para pemakainya, hal ini tentu saja menjadi poin penting dan daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Variasi motif yang dapat ditemui di BT Batik Trusmi merupakan representasi pesona Indonesia, sebab tidak hanya motif khas Batik Cirebon saja yang ada di sini, beragam motif Batik Indonesia lainnya bisa ditemukan di sini dengan model dan warna yang menarik, soal harga pun begitu kompetitif. Kualitas batik produksi BT Batik Trusmi juga layak diacungi jempol. Terbukti dengan adanya 5 (lima) tahapan quality control untuk memastikan bahwa semua produk yang dijual merupakan best quality product.

Kebahagiaan pengunjung di spot foto BT Batik Trusmi (doc: Instagram @btbatiktrusmi)
Bila saat ini traveling ke Cirebon ada di bucket list anda, BT Batik Trusmi merupakan rekomendasi untuk wisata belanja anda. Berbagai cinderamata dan pakaian batik dapat dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang terkasih. Tidak hanya itu, kita juga bisa mempelajari sejarah batik bahkan membatik secara langsung. Jika beruntung kita pun dapat menyaksikan para pengrajin yang sedang membatik. Berkeliling di showroom BT Batik Trusmi tidak akan membuat kita bosan dan terasa begitu menyenangkan karena space yang begitu luas dan nyaman, Meminjam istilah para instagramers, showroom BT Batik Trusmi terlihat begitu instagramable dengan berbagai spot foto di area showroom serta kids friendly karena ruangan yang begitu lapang sehingga tidak terasa sumpek dan membuat acara belanja lebih menyenangkan. Tak heran bila pengunjung dari berbagai kalangan dan usia begitu gemar dan antusias berbelanja di sini. So, write on your bucket list to come and shop here. Bicara batik ya BT Batik Trusmi. BT Always Batik.




24 September 2018
#novitaprima83

Komentar

Postingan Populer