Mengenal Maskne (Mask Acne) dan Cara Mengatasinya

Dilema Menggunakan Masker karena Maskne (Mask Acne)



"Lho, kok wajahku jadi berjerawat ya?"
"Pakai masker kok malah berjerawat, padahal kan separuh wajah tertutup?"
"Dulu gak pernah jerawatan, kok sekarang sejak memakai masker malah berjerawat sih?"

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sering kalian dengar atau bahkan kalian alami sendiri pada kehidupan sehari-hari, khususnya di sepanjang 2020 ini, di mana kita semua sedang melalui masa pandemi Covid-19, hingga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga melangsungkan aktivitas keseharian dalam fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 

Banyak orang yang tadinya tak memiliki kebiasaan memakai masker, akhirnya mau tak mau harus turut memakainya untuk memenuhi standar protokol kesehatan dan meminimalisir penularan. Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, penggunaan masker sangat dianjurkan sebagai tindakan preventif penularan virus Covid-19. 

Menyadari pentingnya penggunaan masker, maka setiap beraktivitas kita selalu memakai masker. Dari sinilah dilema tentang penggunaan masker seringkali terjadi. Mengapa hal ini menjadi suatu dilema? Tentu saja karena setelah beberapa lama mengenakan masker malah diidapati masalah pada kulit wajah, seperti munculnya jerawat di permukaan kulit wajah. Munculnya jerawat pada kulit wajah ini disebut sebagai maskne (mask acne), disebut demikian karena jerawat yang muncul hanya di area wajah yang tertutup oleh masker, yakni pada bagian dagu, hidung, sekitar rahang dan pipi bagian bawah. 

Jerawat yang muncul tersebut disebabkan gesekan yang terjadi antara permukaan kulit wajah dan masker yang kita kenakan. Hal ini memicu iritasi dan peradangan pada kulit wajah, alhasil kulit yang bergesekan tadi semakin meradang dan timbullah jerawat di wajah. Selain itu ketika mengenakan masker, otomatis uap air yang kita keluarkan saat bernapas dan berbicara akan bercampur di bawah masker, hal itu juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Keringat dan bakteri yang bercampur di bawah masker pun turut memicu timbulnya jerawat di wajah, khususnya pada area yang tertutup masker.

Jika dibiarkan, masalah jerawat ini tentu saja tidak baik, selain mengganggu kesehatan kulit wajah, penampilan pun akan terganggu karenanya. Setiap orang tentu saja menginginkan kulit wajah yang sehat serta bebas jerawat. Membersihkan wajah saja tentu tidak cukup untuk mengatasi timbulnya jerawat ini, pemilihan produk pembersih muka yang tepat merupakan faktor pendukung juga, agar jerawat segera enyah dan penampilan serta kesehatan wajah kembali terjaga.

Pakai Masker, Siapa Takut



Agar pemakaian masker tak menjadi suatu dilema dan kesehatan kulit khususnya pada area wajah tetap terjaga, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat dicoba.

Pertama, bersihkan muka dengan cara yang benar. Cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih dengan menggunakan sabun, karena sabun efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab virus dan penyakit. Untuk mencuci tangan, sangat disarankan menggunakan sabun antiseptik seperti Sabun Sebu, karena kandungan alami pada Sabun Sebu efektif untuk membunuh kuman dan bakteri tanpa membuat kulit menjadi kering.  Menariknya lagi, sabun antiseptik dari Sebu ini juga bisa digunakan sebagai sabun mandi bagi seluruh anggota keluarga. Setelah tangan bersih, kemudian basuh wajah dengan air, gosokkan sabun khusus muka pada permukaan tangan hingga berbusa, lalu usapkan pada wajah dengan pijatan lembut secara melingkar menggunakan ujung jari, bilas hingga kesat, dan keringkan dengan cara menepuk wajah dengan handuk bersih.

Kedua, gunakan sabun pembersih muka yang sesuai jenis kulit. Hal ini penting dilakukan, mengingat jenis kulit setiap orang yang berbeda maka diperlukan cara selektif dalam menentukan sabun pembersih muka yang akan digunakan. Sebagai contoh, kulit wajah kering membutuhkan pembersih muka yang dapat melembabkan, kulit wajah berminyak membutuhkan pembersih muka yang melembabkan tanpa membuat kulit berminyak. 

Ketiga, membersihkan wajah secara rutin. Kulit wajah kita adalah bagian yang paling sering terpapar oleh debu dan kotoran, untuk mencegah perkembangan virus dan bakteri yang dibawa oleh debu dan kotoran tersebut, maka dianjurkan untuk membersihkan wajah secara rutin.

Keempat, agar kelembaban kulit wajah tetap terjaga, setelah membersihkan muka, aplikasikan pelembab pada wajah. Gunakan pelembab sesuai jenis kulit. Pelembab wajah yang baik mengandung bahan yang dapat melembabkan wajah secara alami, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel jaringan dan kulit.

Kelima, mengganti masker secara berkala. Jika menggunakan masker medis, pastikan tidak menggunakannya berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker jika sudah terasa lembab. Jadi, ketika beraktivitas di luar rumah, bawalah 2-3 masker tambahan sebagai cadangan jika ingin mengganti masker yang telah dipakai. Hal ini berlaku juga untuk penggunaan masker kain (non medis), tetap bawalah masker cadangan agar dapat menggantinya secara berkala.

Keenam, cucilah masker non medis dengan benar. Gunakan air hangat untuk mencucinya agar kuman yang menempel pada kain dapat terangkat sempurna. Cuci menggunakan sabun pencuci pakaian untuk membantu mematikan kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan kain.


Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut, tidak perlu lagi takut berjerawat ketika menggunakan masker. Jika kulit wajah bersih dan sehat percaya diri pun pasti meningkat dan bebas beraktivitas tanpa ancaman jerawat.

Sebu, Rekomendasi Produk Legal Berbahan Alami

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sabun pembersih muka memegang peranan yang penting dalam menunjang kesehatan dan kebersihan kulit wajah. Maka sebagai konsumen kita harus selektif memilih sabun pembersih muka yang tepat. Jika salah sedikit saja dalam memilih produk, kulit kita menjadi taruhannya. Produk yang baik adalah produk yang menggunakan bahan-bahan alami, tanpa pewarna, tanpa merkuri, tanpa paraben, dan tanpa zat-zat membahayakan lainnya. Tidak hanya saat memilih sabun pembersih muka saja kita harus selektif, saat akan menggunakan jenis sabun lainnya pun diperlukan ketelitian yang sama. Sabun mandi misalnya, karena penggunaannya langsung menyeluruh pada seluruh tubuh dan digunakan setiap hari, maka harus tepat pula saat memilihnya.

Untuk mendapatkan sabun mandi dan sabun khusus wajah berbahan alami pun kini tak sukar lagi, seperti produk Sabun Sebu yang dapat dengan mudah dibeli secara online di situs resmi Sabun SEBU atau melalui beberapa market place terkemuka. Tak perlu repot keluar rumah, sabun yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit seluruh keluarga dapat tersedia.



Sabun Sebu menjadi satu solusi praktis untuk kesehatan kulit seluruh anggota keluarga karena Sabun Sebu memiliki dua varian sabun sekaligus. Varian pertama adalah Sabun Sebu Moist Glow yang mampu menjadikan kulit wajah bebas jerawat dan glowing dalam satu langkah dan varian kedua adalah Sabun Sebu Antiseptik yang dapat digunakan sebagai sabun cuci tangan juga untuk sabun mandi. 

Bahan-bahan alami yang terkandung pada Sabun Sebu mempunyai banyak sekali manfaat bagi kulit kita. Madu dapat menjadi pelembab alami, mengangkat sel-sel kulit mati dan berperan melawan radikal bebas yang merusak kulit. Ekstrak lemon yang merupakan sumber vitamin C tingkat tinggi efektif menjadi anti aging dan dapat mencegah serta mengatasi jerawat. Minyak sawit dengan kandungan karotenoid dapat menjadi antioksidan sebagai perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Spirulina yang juga kaya antioksidan dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Glutathione yang merupakan kombinasi dari tiga asam amino efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan ampuh untuk menangkal radikal bebas. Minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan antioksidan dapat menjadi pelembab alami dan membuat kulit nampak glowing. Virgin coconut oil dapat merangsang pertumbuhan kolagen baru dan mampu mengurangi peradangan pada kulit serta efektif menghilangkan bekas luka. Hidrolized collagen dapat membantu melembabkan serta mengencangkan kulit agar tak berkerut (keriput).



Semua kandungan bahan alami tersebut dapat kita rasakan manfaatnya dengan menggunakan Sabun Sebu Moist Glow dan Sabun Sebu Antiseptik dengan teratur. Selain keunggulan dan manfaat bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya, Sabun Sebu juga merupakan produk halal dan legal. Sabun Sebu telah mendapatkan ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tidak hanya itu saja, Sabun Sebu juga memberikan jaminan kualitas seratus persen atas produknya. JIka produk tidak sampai atau barang diterima dalam kondisi rusak karena pengiriman, maka konsumen berhak untuk mendapatkan produk yang baru sebagai penggantinya.

Varian Sabun Sebu

Dua varian Sabun SEBU yang dapat digunakan untuk seluruh keluarga di rumah yaitu Sabun Sebu Moist Glow untuk pembersih muka dan Sabun Sebu Antiseptik yang dapat digunakan secara menyeluruh pada kulit tubuh atau berfungsi sebagai sabun mandi dan cuci tangan. Pakai Sebu setiap hari, kulit sehat, bebas jerawat dan ternutrisi alami. Save your family with Sebu.
SEBU ANTISEPTIC by Novita Prima
SEBU MOIST GLOW by Novita Prima


Sumber dan Referensi:
Olah grafis: Novita Prima
Info grafis  : Novita Prima
Produk Sebu: 
https://sabunsebu.com
https://blog.sabunsebu.com







Komentar

Postingan Populer