Grojogan Sewu, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

Semilir angin lembut terasa di kulit, rindangnya pepohonan menambah kesejukkannya. Berada di ketinggian 1200 mdpl, di lereng gunung Lawu, menjadikan Tawangmangu tempat yang tepat untuk melepas penat. Tidak hanya menawarkan kesejukkan alamnya saja Tawangmangu juga menyimpan kekayaan alam yang tak terbantahkan kata keindahannya.

Salah satu kekayaan alam tersebut adalah air terjun Grojogan Sewu. Lokasi air terjun ini berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Mudah sekali untuk mencapai lokasi ini. Dari kota Solo perjalanan bisa ditempuh sekitar satu setengah jam saja. Di sepanjang perjalanan dari kota Solo, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Ada dua pintu yang bisa kita pilih untuk menuju Grojogan Sewu, pintu pertama letaknya berada di atas, pintu kedua ada di bawah. Letak pintu kedua tidak jauh dari terminal Tawangmangu, sekitar satu kilometer saja jaraknya.

Pintu kesatu merupakan pintu masuk utama, namun kita tetap bisa masuk melalui pintu kedua. Jika memilih menuju air terjun melalui pintu kedua aksesnya lebih dekat, sekitar 500 meter dari gerbang utama jaraknya.

Cukup membayar tiket seharga Rp. 11.000,- / orang (Desember 2014), kita bisa segera menikmati kesegaran air terjun Grojogan Sewu. Bagi yang ingin mencoba menunggang kuda sebelum masuk ke lokasi bisa mencoba sensasinya, banyak pemilik kuda yang menawarkan jasa wisata menunggang kuda ini di depan pintu masuk dua.



Tiket sudah di tangan, saatnya menjelajah masuk ke kawasan Taman Wisata Grojogan Sewu. Baru beberapa meter kaki melangkah, di depan sudah terlihat jembatan kecil dengan tulisan "Selamat Datang" di atasnya. Gemericik air terdengar riuh rendah, tepat di bawah jembatan "Selamat Datang" terlihat aliran air Grojogan Sewu mengalir deras melalui celah - celah bebatuan yang hitam mengkilap karena basah.





Setelah melewati jembatan "Selamat Datang", kaki akan menapaki tangga berbatu dan jalan menanjak. Pohon - pohon menjulang tinggi, tumbuh dengan rapat, dedaunannya yang lebat rindang menutupi, menyerupai kanopi di sepanjang jalan menanjak ini. Hangatnya sinar mentari masuk melalui celah - celah pepohonan. Walaupun jalanan menanjak yang dilalui untuk menuju Grojogan Sewu, tetapi di sepanjang jalan yang dilalui menyajikan pemandangan indah, membuat kaki ringan melangkah.

Sebelum turun ke area air terjun, akan ada jembatan bambu yang harus dilalui. Berdiri sejenak tepat di tengah - tengah jembatan, menghadap langsung ke Grojogan Sewu dan menengadahkan kepala akan menciptakan sensasi tersendiri. Tampias air Grojogan Sewu yang membasahi wajah memberikan kesegaran tak terhingga. Dengan debit air yang banyak dan dengan ketinggian sekitar 81 meter, air Grojogan Sewu yg jatuh dari atas ke bawah menciptakan gemuruh ketika airnya menghantam bebatuan besar di bawahnya. Benar - benar keindahan yang memanjakan mata. Sesaat penat menjadi rehat.








Tidak lengkap rasanya, jika tidak mencoba bermain air di sini. Wisatawan bisa bermain air di sekitar air terjun, tapi tidak terlalu mendekat, karena akan membahayakan keselamatan. Di sekitar area ini terdapat beberapa papan peringatan sehubungan dengan hal itu.

Begitu mencelupkan kaki ke air dan melangkah melewati bebatuan besar, dingin dan sejuknya air bercampur menjadi satu menciptakan sensasi tersendiri. Jangan lewatkan untuk mencobanya, jika ingin merasakan sensasinya.

Fasilitas di Taman Wisata Grojogan Sewu cukup memadai, selain air terjun, ada juga kolam renang, wahana flying fox, deretan kios penjual makanan dan minuman, jasa foto langsung jadi, dan toilet untuk pengunjung ada di sana. Bagi yang ingin mencoba menikmati kelezatan sate kelinci, cobalah untuk membeli, di sini banyak pedagang yang menjualnya.

Di Taman Wisata Grojogan Sewu ini, terdapat primata liar yang hidup di area hutan wisata. Primata ini banyak dijumpai di sepanjang tangga menuju pintu satu. Berhati - hatilah jika membawa makanan, sebaiknya makanan tidak dikeluarkan, simpan saja di dalam tas. Aroma makanan akan mengundang primata - primata ini untuk mendekat.

Di sekitar parkiran pintu satu, banyak kios berderet menjual berbagai macam oleh - oleh yang bisa dibawa sebagai buah tangan. 

Jika berkunjung ke Jawa Tengah, sempatkanlah untuk datang melihat Grojogan Sewu, surga tersembunyi di lereng gunung Lawu.
*np83


Photo : dok. pribadi

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer